Seorang Gadis yang Terluka oleh Dunia yang Teramat Palsu: BROKEN HOME

Friday 15 January 2016

BROKEN HOME

"Lo gak dicariin jam segini masih diluar?"
"Orangtua lo asik ya ngebasin elo"

Hehe.. Pernah nggak sih dapet komentar kaya gitu? Malah sering sih. Bingung juga mau jawab gimana kalau dikomentarin gitu. Akhirnya cuman bisa jawab di iya enggak-in aja buat ngeyakinin mereka kalo nggak usah ngekhawatirin gue.

Sebenernya bukan nggak dicariin kalo udah larut malem tapi belum pulang. Dulu sih sering ditelepon disms bahkan sampai dicari segala, tapi itu dulu. Sekarang semua udah berbalik 180 derajat saat gue udah nggak nemuin lagi suasana indah dalam rumah, kenyamanan dalam rumah, kebahagiaan dalam rumah, bahkan sampai gue ngerasa asing masuk rumah sendiri. Kalian ngerasa gitu nggak sih?

Broken home, seperti judulnya. Isi tulisan ini adalah soal keluarga yang berantakan, soal kebahagiaan yang hancur, soal masa depan yang kalang kabut, soal isi kepala yang semrawut bagai jembut, soal rasa rindu yang tergantikan oleh kebencian.

Macam-macam broken home (analisa gue) :
1. Ayah meninggalkan aku dan ibu begitu saja lalu mereka bercerai
2. Ibu meninggalkan aku dan ayah begitu saja lalu mereka bercerai
3. Ayah dan ibu meninggalkan aku saat masih kecil hingga kakek dan nenek yang membesarkanku
4. Ayah punya istri muda (ceritanya kaya Reva #AnakJalanan hehe)
5. Ibu menikah lagi lalu dikaruniai seorang anak dari ayah (tiri)ku tapi mereka lebih sayang dengan adik (tiri)ku hingga mengabaikanku
6. Ayah dan ibu selalu berselisih paham dan bertengkar setiap hari dirumah
7. Ayah dan ibu terlalu sibuk dengan urusannya masing-masing hingga tak pernah ada waktu untukku

Lo termasuk yang mana?

Biar kata ceritanya beda-beda tapi tetep rasanya sama :
1. Broken home buat gue kehilangan hidup
      Nggak ada lagi semangat buat hidup, hidup rasanya capek banget, murung dan murung tiap hari, monoton.
2. Broken home buat gue kehilangan masa-masa indah
      Masa-masa yang harusnya gue nikmatin sama temen-temen gue kini hancur. Masa remaja gue ngambang. Waktu yang harusnya gue habisin bareng temen-temen gue kini cuman bisa gue habisin dikamar.
3. Broken home buat gue kehilangan tujuan hidup
      Hidup gue yang dulunya lurus sekarang nggak berarah. Nggak kebarat nggak ketimur nggak keutara nggak keselatan nggak ke atas nggak kebawah nggak kedepan nggak kebelakang nggak kekanan nggak kekiri, tapi diantara tenggelam dan ngambang.
4. Broken home buat gue berantakan
      Hidup gue dulu penuh warna, sekarang gelap, gelap banget. Hingga gue terjerumus kedalam kegelapan itu. Dandanan amburadul, penampilan amburadul, kelakuan amburadul.
5. Broken home buat gue jadi iri dengki
      Gue ngiri sama mereka yang bisa cium tangan kedua orangtuanya sebelum pergi kemanapun, gue ngiri sama mereka yang dapet hadiah ini itu dari orangtuanya karna juara kelas, gue ngiri sama mereka yang selalu ditanya sama orangtuanya gimana tadi disekolah atau sekedar ditanya udah makan atau belum, gue ngiri sama mereka yang bisa cerita liburan sama keluarganya, gue ngiri sama mereka yang sering upload foto pakai caption family sedangkan gue foto keluarga aja gue satupun nggak punya.
6. Broken home buat gue kehilangan kasih sayang orangtua
      Kangen sama perhatian yang gue dapetin dulu, kangen dapet kasih sayang dari mereka dulu. Tapi sekarang gue udah lupa gimana rasanya. Seakan mati rasa kalo ngomongin soal kasih sayang.

"Ngerti apa sih lo soal broken home? Jangan sotoy deh"

Pernah dapet komentar kaya gitu, antara pengen nampol dan pengen ketawa kalo mau jawab. Udah jelas gue tau banget, gue paham banget, karna gue sendiri juga korban broken home.

"Yaelah cengeng banget sih masalah gituan aja, sakitan juga patah hati sama pacar!"

Hello, broken home bukan masalah kecil seperti cinta. Broken home adalah masalah besar yang dapat mempengaruhi psikis bahkan sampai kejiwaan, terutama buat anak. Broken heart sama pacar pasti kelak dapet penggantinya. Lah broken home? Cari pengganti ayah atau ibu itu nggak segampang nepuk jidat lo.

Menurut gue yang paling menyakitkan itu adalah perceraian orangtua. Apalagi kalo perceraian terjadi pada saat usia anak masih dibilang kecil. Tumbuh di lingkungan sosial dengan label "Korban Broken Home" pasti akan berdampak buruk bagi mental, psikis, dan kejiwaannya. Perasaan kecewa, terbuang, merasa nggak dicintai dan keinginan mendapatkan kasih sayang utuh dari orang tuanya yang nggak pernah terwujudkan dapat membuat seorang broken home terbentuk menjadi pribadi yang tertutup. Hilang kepercayaan terhadap Tuhan, prestasi sekolah menurun, merasa berbeda dengan teman seusianya, mencari pelampiasan atas kekesalan diri, selalu berpikiran negatif terhadap sesuatu hal.

Kadang gue benci sama motivator broken home didunia maya. Gue mikir mereka bisanya cuman nyuruh sabar dan sabar, mereka nggak pernah bisa ngrasain jadi gue. Gue nggak tau latar belakang mereka dari keluarga broken home atau bukan, karna itu gue berpikir demikian. Dan disini gue pengen jadi motivator buat kalian korban broken home, inilah kenapa gue nulis artikel ini. Gue pengen ngebuktiin kalo gue sebagai korban broken home sejak gue masih TK nggak tolol-tolol banget, nggak hancur-hancur banget, nggak berantakan-berantakan banget. Gue masih punya otak buat mikir dan nulis artikel sepanjang ini.

Buat kalian korban broken home, gue cuman bisa bilang sabar. Ambil hikmahnya siklus kehidupan ini. Mungkin kita manusia pilihan Tuhan yang paling di istimewakan karena udah di uji seberat ini sejak kecil. Jangan pernah putus asa, setelah badai pasti akan ada musim semi. Kalo lo masih terjebak di dunia lo yang gelap, coba buka perlahan-lahan mata lo, lo perlu lihat gimana indahnya dunia lo yang dulu. Nggak ada gunanya lo berlama-lama di lembah hitam itu. Buktiin ke mereka semua yang ngehina lo dan ngehina keluarga lo kalo lo bisa menjadi seseorang di masa yang akan datang.

Dan buat kalian yang (bukan korban broken home) keluarganya masih utuh, gue mohon dengan amat sangat, hargai kami anak broken home. Jangan hina kami, jangan jatuhkan kami, dan jangan pernah sesekali hina keluarga kami. Lo nggak pernah tau rasanya jadi kami, lo nggak pernah tau rasanya kehilangan kasih sayang keluarga, lo nggak pernah tau rasanya di anggap berbeda, dan lo nggak akan pernah tau rasanya lo seakan sendirian di dunia ini. Dan satu lagi, jaga keluarga lo baik-baik. Sayangi orangtua lo. Sekecewa apapun itu lo sama orangtua lo, tetaplah berbakti sama mereka. karna suatu saat nanti pas mereka udah nggak ada, lo baru ngerasa kehilangan.

"Suka dukanya jadi korban broken home menurut lo?"

Mungkin kelihatannya lebih banyak dukanya ya? Salah. Dukanya itu cuman sedikit tapi bersifat berkepanjangan, bahkan nggak akan pernah terlupakan sampai matipun. Kekecewaan yang mendalam itu pasti, mental jadi tepos juga iya, psikis goyah juga termasuk, kejiwaan nggak stabil bisa juga. Nggak cuman itu, gara-gara broken home gue pernah kejebak di masa kelam, tapi perlahan-lahan gue bisa bangkit walaupun masih sering tergoda dengan indahnya dunia gelap.

Kalo sukanya justru lebih banyak. Broken home ngajarin gue buat sabar, tabah, tawakal ngadepin kehidupan ini. Broken home ngajarin gue buat nerima apa yang udah digariskan Tuhan. Broken home ngajarin gue arti sebuah perjuangan buat menyamakan dan mensejajarkan diri dengan orang lain (dari keluarga utuh) yang seumuran sama gue itu nggak gampang. Broken home ngajarin gue gimana cara menatap masa depan disaat gue sudah berkeluarga, gimana cara menjaga keutuhan keluarga gue dalam menghadapi setiap cobaan Tuhan, dan gimana cara biar anak-anak gue kelak nggak akan ngalamin apa yang gue alamin dulu. Berkat broken home gue bisa ngerasain pahit manisnya kehidupan disaat gue masih remaja. Berkat broken home gue ketemu orang-orang baru yang menurut gue jadi acuan gue buat selalu tersenyum. Dan berkat broken home gue bisa dapet inspirasi buat nulis artikel ini.





secara batin gue terluka, secara emosi gue kacau, secara mental gue depresi, dan secara fisik gue tersenyum.

36 comments:

  1. Sabar ya, semua memang ada hikmahnya. Mungkin orang tua tak ingin bercerai atau tengkar, tapi kadang sesuatu konflik terjadi.dalam rumah tangga itu memicu jadi broken home. Yg penting, kuat iman, agar tidak terpebgaruh dg hal-hal negatif. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sabar terus kok hehe. Terpengaruh hal negatif sudah masa lalu, yang terpeting adalah masa sekarang dan masa depan.

      Terimakasih kak sudah berkunjung )

      Delete
  2. Iya kamu benar, mungkin Allah sayang sama kita, sehingga kita di uji dg cobaan seberat ini. Aku cuman bisa berdo'a semoga kitakita yg ank broken home selalu berada di jalan Nya dan tidak terjerumus ke dlm dunia kegelapan. Aamiiiin

    ReplyDelete
  3. aku anak broken home. jadi aku tau betul gimana sakitnya hidup di posisi kaka.
    kadang aku merasa putus asa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga sempat putus asa kak, tapi banyak hal yang terbuang sia-sia karena keputus asaanku. Yah nggak ada gunanya. Yang terpenting jangan larut pada keterpurukan.

      Terimakasih kak sudah berkunjung :)

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. sama kak nasibnya. tapi jd anak broken home menurutq kita jd lebih kuat terkadang tiba2 menangis sendiri sih ngeliat temen2 sama ortunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe buat sekarang kita yang broken home. Tapi jangan sampai apa yang kita rasakan kelak dirasakan juga oleh anak-anak kita.

      Terimakasih kak sudah berkunjung :)

      Delete
  6. Replies
    1. Jangan putus asa

      Terimakasih kak sudah berkunjung :)

      Delete
  7. kita sama. sama sama anak broken home. tapi status itu ngak ngebuat aku jadi hancur sih. walaupun dulu awalnya susah buat aku nerima semua ini. tapi akhirnya terbiasa. kasih sayang dikasih sewajarnya, kebahagiaan yang aku dapat bukan dari keluarga lagi melainkan dari teman-teman. sekarang aku ikut ibu. sampai detik ini ibu aku belum nikah lagi tapi deket dengan beberapa orang. setiap ada yg deketin ibu aku pasti ada beberapa keuntungan bua aku. om" itu sering ngebelikan aku barang dll. jadi aku rasa aku menikmati semua ini. tapi broken home jangan membuat kita jadi terpuruk. kita harus tetap mnjalani hidup kita dan nantipun kita bakalan menikah juga, walaupun susah untuk memberi tahukan background keluarga kita kepada calon keluarga baru kita. dan menjadi anak broken membuat kita menjadi lebih dewasa dari pada teman kita. kita memandang masalah dari sudut pandang yang berbeda, menjadi lebih peka, dan lebih menghargai kebersamaan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kak kalau ikut ibu, aku juga. Ibu juga belum menikah lagi. Tapi disini berbeda posisinya, ada salah satu laki yang dekat sama ibu, tapi bukan anaknya (aku) yang jadi pendekatan misalkan dibelikan ini itu, tapi justru apa yang seharusnya dikasih ibu buat aku malah dirampas sama itu laki. Dari mulai kendaraan, uang dll dan ibu justru lebih memihak laki tsb

      Terimakasih kak sudah berkunjung :)

      Delete
  8. NICE ARTIKEL SANGAT BERMANFAAT BANGET GAN DAN JANGAN LUPA KUNJUNGI WEBSITE KAMI KEMBALI

    ReplyDelete
  9. Dengan status kita yang Broken Home itu ga bakal menghalangi kita untuk menuju kesuksesan. Gua dan sahabat gua sih rencana buat merantau yang jauh dari Surabaya tepatnya di Sulawesi (Palu) setelah lulus SMA kedepannya. Saat ini (SMP) Kami sedang menjalankan bisnis kecil2an ya walaupun untungnya ga banyak. Tapi, kami percaya kesuksesan bakal bisa digapai walau tak mudah di gapai. Nah, buat lo kak jangan pernah berhenti melangkah sebelum lo lewatin garis finish kak ^_^ believe deh, semua bisa sukses dengan pikiran masing2 yang tentunya berbeda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, semoga dilancarkan semuanya. Lulus dengan nilai yang memuaskan dek.

      Terimakasih sudah berkunjung :)

      Delete
  10. sabar yaaaa :) kebetulan gue broken home juga .
    so,don't give up :) jangan putus asa karena ini.
    semoga kebahagiaan lu dapetin dimasa yang akan mendatang nanti :)

    ReplyDelete
  11. Sabar kak, kita sama, aku tau gimana rasanya hidup dalam keluarga yang berantakan, kita seakan merasa tidak mempunyai tujuan hidup tapi di balik semua ini pasti ada hikmah nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap hehe

      terimakasih kak sudah berkunjung :)

      Delete
  12. Suka dehh inspirasi banget. Makasii udahh dikasih solusi jugaa

    ReplyDelete
  13. HANYA DI QQ96ACE .ONLINE
    WhatsApp : +62 823 6229 3153
    * Bonus newmember 200%
    * Cashback PARLAY 100%
    * Bonus Harian 20%
    * Minimal Deposit Rp25.000
    * Semua Game Bisa Dimainkan di PC/Android/IOS
    * 24 Jam Customer Service

    ReplyDelete
  14. Sabar ya ka,aku ngerti apa yang kaka rasain. Aku ngerasain seakan kita ngerasa sendiri di dunia ini,teman banyak tpi aku ngerasa di dunia ini ttp sndri gak ada yg bisa ngertiin. Di campakkan membuat saya ragu untuk menceritakan segala sesuatu yg sdng saya alami atau hanya untuk berkeluh kesah. Semangat untuk menjalani hari-hari nya untuk anak broken home di luaran sana

    ReplyDelete
  15. aku salah satu admin akun insInstag brokehome_tegal, DM aja buat sharing atau curhat masalah kalian di Ig gue.makasih sebelumnya tulisan ini cukup bikin gue tenang.

    ReplyDelete
  16. Selalu berusaha pura2 bahagia itu mmng tdk mudah bgi kami yg brokenhome.menutupi luka yg sngat dlm bagai kan boomerang bgi diri sendiri😖😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. kamu kuat kok, jangan putus asa ya, karena orang yang mampu terus berpura-pura itu sebenarnya yang terkuat.

      terimakasih kak sudah berkunjung :)

      Delete
  17. gua juga korban dari yg lu alamin dan bahkan sampai saat ini gua belum pernah yg ngerasain nama nya kasih sayang dari orang tua, hidup tanpa arah dan tujuan, slalu di pandang sebelah mata sama kluarga, dengan menyiksa diri sendiri agar bisa merasakan kebahagian dan merasa puas

    ReplyDelete
  18. Aku Sempat pernah mikir,Aku ini anak siapa???Oranngtua aku ikhlas gak ngelahirin gue???
    Aku juga sempat mikir"kalo gue Pergi atau mati apakah semuanya akan baik" saja,kalau memang jika aku tak ada di dunia ini membuat semuanya baik" saja mungkin saya akan pergi jauh dan tidak Akan mengganggu mereka lagi itu akan jauh lebih baik
    Sekarang Masa" itupun masih harus aku lalui,

    ReplyDelete

White Penis